Tag

, , , ,

Hayo….. pada ngerasa sakit g neh jiwanya…. jangan sampai deh… wah baru tanggal 27 kemarin aku Peraktek Kuliah Lapangan (PKL) mata kuliah Antropologi Psikologi and Psikiatri di sebuah pondok pesantren yang kalo’ g salah namanya sabussalam (maklum agak2 lupa). nah ponpes ini ga jauh dari pusat objek wisata religinya temen-temen yang beragama katolik di daerah Kediri…. pastinya udah terkenal banget kan.. Pusharang sebuah tempat ibadah dan juga wisata religi temen-temen yang beragama katolik, walaupun ga’ jarang bahwa yang ngunjungi objek wisata ini bukan hanya masyarakat yang beragama katolik. Pusharang sering juga di sebut segabai “Gua Maria” berada di kecamatan Semen, Kabupaten Kediri… waduh kembali ke topik ya, sama dengan pusharang, pondok pesantren ini otomatis juga berada di daerah pusharang kecamatan Semen, Kab.Kediri.

Ada yang menarik dari pondok pesantren yang ketika aku datang kesini santrinya berjumlah 11 orang, sembilan orang pria dan yang lainnya wanita. Dari segi bentuk depan rumah pondok pesantren ini tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa tempat ini merupakan sebuah pesantren, lebih tepatnya seperti rumah biasa yang di depan rumahnya hanya tertulis “masjid sabussalam, Pusharang-Semen-Kediri” dengan menggunakan tulisan pegho arab-jawa. yah tidak ada yang menarik…..

coba kita masuk kedalam lagi 4 langkah dari pintu pagar….makaaaaaaaa yang unik itu adaaaaaaaaaa…..😛

ada 4 orang pria di rantai di depan pintu, 1 orang meminta tolong………..dan MENGENASKANNNNNNNNNNNNNNNN

entahlah bagaimana aku menggambarkannya.. (maksudnya memotretnya)

yah setelah itu kami perlu klarifikasi atas “pelanggaran HAM” ini…

(GAK ADA PELANGGARAN HAM DISINI)

kami bertemu dengan Ustadznya saya taksir usaiannya lebih dari 50 tahun, banyak bercerita bahwa alasan mereka merantai para “santri” merupakan upaya beliau untuk mencegah para ‘santri” kabur dari pesantren kecil penyembuh penyakit jiwa ini, menurut penuturan beliau seseorang yang “sakit jiwa” merupakan seuah penyakit yang di sebabkan oleh JIN,  sehingga perlu penanganan khusus, perlu di do’akan, perlu di ajarkan….

dan banyak lagi penjelasannya………….

selain untuk enyembuhkan penyakit “jiwa” Ustadz ini juga bisa menyembuhkan penyakit, mendekatkan jodoh…….. dan banyak lagi …. tentunya menurut beliau melalui do’a kalean Gusti Allah

kalo’ aku sih belum bisa membuktikan, yang pasti semua masih MUNGKIN, tapi kalo’ kalian berminat monggo datang aja kesana😛 hahay

OH ya pesan bapaknya “Hendaknya Banyak-Banyak Membaca surat Yasin-Alwaqiah dan selalu bermunajat pada Allah jika ingin do’a terkabulkan”